Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi

Jika anda suka makan akan tetapi ingin melakukan diet anda bisa mengganti makanan pokok anda dengan makanan lain, seperti dengan Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi

Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi

Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi — Nasi putih adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia terutama oleh penduduk kawasan Asia. Masyarakat di Indonesia juga memiliki pola konsumsi nasi yang sangat tinggi. Biasanya penduduk di Indonesia akan makan nasi pada saat makan pagi, makan siang dan juga makan malam. Namun ternyata makan nasi berlebihan bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit kronis seperti diabetes. Hal ini disebabkan karena butiran beras yang menjadi nasi memiliki nilai indek glikemik halus yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kadar gula darah sangat tinggi.

Dengan berbagai resiko penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi nasi berlebihan maka sekarang banyak orang memiliki makanan pengganti nasi untuk diet sehat dan sangat cepat.

Dengan menjalankan diet tanpa nasi dalam seminggu saja bisa menghilangkan bobot sebanyak 3-5 kg. Tapi sayangnya banyaknya makanan atau camilan cepat saji yang populer dimana-mana membuat banyak orang kalap. Alhasil tubuh semakain membengkak bahkan ada yang naik drastis karena gaya hidupnya yang tidak sehat.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Agar diet anda dapat berjalan dengan baik namun tidak menyiksa diri. Berikut Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi :

  • Pasta

Banyak orang yang menganggang pasta merupakan salah satu jenis makanan junk food yang berbahaya bagi tubuh, akan tetapi makanan pengganti nasi yang satu ini merupakan salah satu makanan rendah lemak yang berguna untuk menjaga berat badan tetap proporsional. Jika dibandingkan dengan nasi, pasta memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi.

  • Singkong

Menu diet pertama yang berfungsi untuk menggantikan nasi adalah singkong. Makanan yang satu ini memang sering  dianggap degan makanan kelas bawah. Meskipun begitu ternyata singkong merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan nilai GI lebih rendah dibandingkan nasi putih yaitu dibawah 55. Selain itu singkong juga memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, fosfor, kalsium, protein, vitamin dan tinggi serat. Kandungan serat yang tinggi pada singkong dapat berfungsi untuk membantu proses penurunan berat badan dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Ubi Jalar

Makanan penganti nasi untuk diet yang kedua adalah ubi jalar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Nutrisionis Amerika Serikat, mengatakan bahwa ubi jalar (sweet potato) sebagai makanan yang dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu ubi jalar juga dapat berfungsi untuk membantu proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan GI   sangat rendah yakni 54. Bukan hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yaitu kalsium, zat besi, karbohidrat, fosfor dan masih banyak lagi lainnya.

  • Kentang

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer dikalangan masyarakat, namun tidak begitu banyak dari mereka yang tahu jika kentang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Sebenarnya kentang memiliki GI cukup tinggi sebanding dengan nasi jika cara mengonsumsinya yang salah. Cara mengonsumsi kentang yang benar dan sehat adalah dengan cara direbus. Dibanding dengan nasi kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana berfungsi untuk membantu mempercapat menurunan berat badan.

  • Talas

Berikutnya adalah talas. Talas merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Bogor yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein dan serat yang cukup tinggi. Kandunga karbohidrat dalam talas berupa pati dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam setiap harinya, mengonsumsi talas juga dapat mencegah penyakit jantung, darah tinggi serta dapat menjaga tubuh tetap ideal.

  • Jagung

Sudah menjadi rahasia umum jika jagung kaya akan manfaat yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Tak hanya karbohidrat, jagung juga mengandung mineral, vitamin B serta antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Saat ini cara mengolah jagung tak hanya direbus saja, Anda bisa mengolahnya dengan ccara dikukus, direbus, dimanfaatkan sebagai sup jagung dan masih banyak lagi.

  • Sukun

Umumnya kadar karbohidrat pada sukun lebih tinggi dari nasi, akan tetapi kadar kalori yang ada pada sukun lebih rendah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk diet. Kandungan Indek Glikemik pada sukun dapat membantu Anda untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Namun tak hanya itu saja selain dapat digunakan sebagai menu diet, sukun juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung serta ginjal.

  • Gembili

Gembili merupakan rimpang yang dapat mengenyangkan perut. Gembili kaya akan nutrisi seperti vitamin V, vitamin C, karbohidrat, lemak, protein, kalori, fosfor, kasium, zat besi dan lainnya. Aan tetapi cara mengolah yang salah dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi gtal-gatal.

Bagaiman? banyak kan Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi. Jadi sekarang anda tidak usah bingung lagi menentukan menu makanan mana yang pas dan kira-kira anda sukai. Sekian & semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Terus kunjungi situs https://carapemesanansetabletforchildadult.wordpress.com untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya.

Menu Pilihan Saat Diet Sebagai Pengganti Nasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s